Image of Model Pembelajaran Taktikal Game dalam Pendidikan Jasmani

Text

Model Pembelajaran Taktikal Game dalam Pendidikan Jasmani



Pembelajaran pendidikan jasmani seperti mengalami keseragaman dalam penyampaian materi. Dalam pembahasan teori penyampaian materi perlu dipertimbangkan materi (perlu perencanaan), siswa (sesuai dengan tingkat pertumuhan dan perkembangan), cara penyampaian (gaya mengajar, manajemen kelas), kondisi sekolah (lapangan, sarana prasarana) lingkungan. Beberapa hal ini harus diketahui dan dikuasai oleh guru. Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa penyampaian pelajaran dengan cara langsung (direct instructional) dengan gaya mengajar komando merupakan model dan gaya yang paling banyak dilakukan. Sehingga disinyalir hal inilah yang menyebabkan pendidikan jasmani memiliki keluaran yang rendah, disamping pendidikan jasmani hanya dilakukan sekali dalam seminggu. Kenyataan pendidikan jasmani yang dilakukan sekali dalam seminggu tentunya tidak akan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani, hal ini hanya sebatas merasakan pendidikan jasmani dan yang akan terasa hanya rasa tidak enak sakit di badan.

Telah muncul dan dikembangkan model pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran pendidikan jasmani. Diharapkan meskipun hanya satu kali per minggu dengan pengembangan model pembelajaran yang ada dapat merangsang siswa untuk menambah hari di luar kegiatan pelajaran di dalam kelas. Ada tujuh (7) model pembelajaran yang diringkas dan disajikan oleh Metzler (2000). Model-model pembelajaran ini sampai saat ini menurut pandangan penulis masih sebatas konsumsi kaum akademisi di perguruan tinggi dan pembahasan di seminar-seminar. Harapan penulis dengan adanya buku ini dapat memberikan pengantar ke salah satu model untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran yang dibahas adalah model taktikal game. Pembahasan dalam buku ini mungkin tidak dapat detail seperti yang diharapkan tetapi beberapa penelitian dan pembahasan terhadap model ini diharapkan dapat sedikit membantu terhadap keberadaan literatur model pembelajaran dalam pendidikan jasmani.

Dalam buku ini menguraikan bagaimana memahami model pembelajaran taktikal game untuk pendidikan jasmani sampai pada penyusunan model RPP modifikasi yang mungkin dapat dilakukan. Dengan contoh operasional sampai RPP diharapkan akan lebih mudah dipahami.


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher CV. Bintang Warli Artika : Bandung.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-8602-8617-42-0
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan I
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this